Manfaat Internet Sebagai Sarana Kampanye Dalam Upaya Melestarikan Budaya Bangsa


Tau kan apa itu Internet ? Ya, Internet merupakan seluruh jaringan yang saling terhubung untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia, jumlah pengguna internet yang besar telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh penting bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan. Dengan adanya internet ini, masyarakat juga dimudahkan dalam berbagai hal seperti mencari informasi, membaca berita, dan masih banyak lagi. Kita sebagai generasi muda juga dapat memanfaatkan internet sebagai sarana untuk berkampanye  dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya melestarikan budaya dan lingkungan hidup. ada beberapa sarana yang bisa digunakan untuk berkampanye, antara lain :
1.    Melalui Media Sosial

Seperti yang kita tahu media sosial kini menjamur di dunia termasuk indonesia, sudah banyak sekali media sosial yang kini eksis di internet mulai dari facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi. Tidak peduli dari berbagai kalangan pria maupun wanita, muda hingga tua ikut meramaikan media yang digunakan sebagai sarana berbagi informasi, momen, hingga hanya sekedar berbagi kegiatan sehari-hari ini.
Sejatinya media sosial diciptakan untuk memperluas pertemanan, sebagai contoh misalnya facebook, sudah jelas sekali facebook ditujukan untuk mereka yang merasa bosan dan ingin menambah teman, akan tetapi ditangan orang-orang kreatif media sosial seperti ini dapat dijadikan sarana berbisnis ataupun promosi, peluang yang dihasilkan memang cukup menjanjikan karena pengguna media sosial seperti ini ribuan bahkan jutaan orang yang tersebar diseluruh dunia.
Bukan tidak mungkin berkampanye menyerukan pelestarian budaya bangsa dan lingkungan hidup di media sosial akan mendapatkan respon yang positif dari banyak orang, siapa saja bisa asalkan ada keinginan. Jadi, buat kamu yang tertarik dan mempunyai keinginan berkampanye menyerukan pelestarian budaya bangsa dan lingkungan hidup di media sosial tunngu apa lagi ?
2.    Melalui Website atau Blog

Website atau blog merupakan situs yang bisa digunakan untuk berbagi informasi dan pengetahuan, tidak mau kalah dengan media sosial, pengguna website ataupun blog terus meningkat setiap tahunnya. Berbagi informasi, hiburan, tips dan lain-lain merupakan alasan utama orang-orang mendirikan sebuah website atau blog. Kebutuhan masyarakat indonesia dalam membaca artikel-artikel menarik di internet untuk mengisi waktu luang bisa dimanfaatkan bagi para blogger yang ingin menyerukan pelestarian budaya bangsa dan lingkungan hidup dengan membuat blog yang bertemakan tentang budaya. Agar masyarakat tertarik membaca di website atau blog tersebut usahakan artikel yang dimuat semenarik mungkin dengan bahasa yang mudah dimengerti bagi para pembaca. Dengan begini, minat masyarakat terhadap budaya lokal bisa bertambah dan menjadi lebih mencintai dan menghargai budaya bangsa.
3.    Melalui situs berbagi video


Ketertarikan setiap individu berbeda-beda, ada yang lebih menyukai membaca artikel, ada pula yang lebih tertarik menonton videonya. Sebagai contoh, situs berbagi video yang sangat populer di abad ini adalah youtube, situs yang didirikan pada tahun 2005 tersebut kini sudah memiliki jutaan pengguna dan miliaran video didalamnya, bermacam-macam video telah diunggah dari mulai tips & trik, tutorial, bahkan tentang budaya pun sudah ada banyak sekali disini. Kita sebagai generasi muda juga bisa meramaikan dengan mengunggah berbagai video yang bertemakan budaya.
                Bagaimana ? tertarik menggunakan internet sebagai sarana berkampanye dalam menyerukan pelestarian budaya bangsa dan lingkungan hidup ? tunggu apa lagi ? ayo mulai dari sekarang ! (irfan denis)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »