Ayo Lestarikan Budaya Gotong-royong Di Lingkungan Hidup


Tau kan apa itu gotong royong? Gotong royong merupakan sebuah tradisi budaya di Indonesia yang sudah ada sejak lama, gotong royong sendiri merupakan sebuah istilah yang artinya bekerja bersama-sama.
Masyarakat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang penuh empati dan mempunyai sikap toleransi yang tinggi antar sesama, terbukti dengan adanya budaya gotong royong ini selain membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat juga dapat menimbulkan rasa saling menghargai dan menyayangi antar masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, remaja dan anak-anak pun selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang mulia ini.
Hingga saat ini budaya gotong royong masih terjaga dan masih bisa dijumpai di daerah-daerah di Indonesia, hal yang mengagumkan karena di era globalisasi seperti ini masyarakat indonesia tidak terpengaruh dan masih menjunjung tinggi tradisi ini, tetapi bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti budaya ini bisa hilang seiring perkembangan zaman, sikap empati dan toleransi antar masyarakat lama kelamaan bisa hilang begitu saja jika tidak terus dilestarikan.
Peran penting generasi muda adalah melestarikan budaya ini dengan gemar bergotong royong, tidak perlu mencari pekerjaan berat yang harus dilakukan bersama-sama, bergotong royong bisa dilakukan dari hal yang paling kecil seperti membersihkan halaman sekolah bersama-sama, membersihkan halaman masjid, membersihkan sampah-sampah di jalan atau di pembuangan air agar tidak terjadi banjir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »