Melestarikan Budaya Bangsa Dan Lingkungan Hidup


Budaya merupakan suatu aset kekayaan negara Indonesia, budaya adalah warisan dari para leluhur kita yang harus dijaga dan dilestarikan. Kita sebagai bangsa Indonesia patut bersyukur karena negara yang terdiri dari ribuan pulau ini di anugerahi berbagai suku bangsa, bahasa dan juga memiliki budaya yang beraneka ragam. Tetapi seiring perkembangan zaman berbagai kebudayaan yang dulunya dibanggakan kini mulai ditinggalkan, sebagian masyarakat bahkan ada yang lupa atau mungkin tidak tahu sama sekali dengan kebudayaan daerahnya masing-masing. Di era globalisasi seperti saat ini lingkungan hidup masyarakat cenderung terpengaruh budaya asing, miris sekali memang jika dibandingkan dengan orang asing yang justru datang berbondong-bondong ke Indonesia untuk mempelajari budayanya.
Lalu mengapa bisa demikian? Siapa yang harus bertanggung jawab?  Melestarikan budaya bangsa merupakan tanggung jawab kita, tanggung jawab bangsanya sendiri, terutama generasi muda.
Kelestarian budaya sangat bergantung pada kesadaran dan upaya generasi muda dalam melestarikan budaya bangsa, hal yang dapat dilakukan yaitu :
1.    Kenali Budaya
Kenali dahulu budaya yang ada di Indonesia, dari ribuan pulau di Indonesia yang membentang luas dari ujung timur hingga barat ada banyak sekali budaya yang harus kita tahu mulai dari kesenian daerah, tradisi, rumah adat, dan lain-lain.
2.    Pelajari Budaya
Setelah kita mengenal budaya, kita pelajari dari mana budaya itu berasal, bagaimana budaya itu bisa terbentuk, apa tujuan dari budaya itu sendiri. Mempelajari budaya bisa dilakukan mulai dari hal kecil. Seperti pada era modern saat ini, disamping banyak membaca buku tentang budaya, kita juga bisa mengakses tentang budaya lewat internet dengan cepat dan mudah. Selain biaya yang relatif lebih murah, dengan mengakses lewat internet kita bisa menghemat lebih banyak waktu. Barulah jika ada kesempatan yang memungkinkan kita pelajari budaya tersebut langsung ke lapangan.
3.    Mendukung Kegiatan Pelestarian Budaya
Seperti yang kita tahu, pemerintah daerah di Indonesia akhir-akhir ini gemar mengadakan kegiatan yang bertujuan melestarikan budaya daerah, salah satu contohnya seperti kegiatan “Rebo Nyunda” yang diterapkan di beberapa daerah di Jawa Barat yang menghimbau warganya menggunakan pakaian adat sunda dan menggunakan bahasa sunda di setiap hari rabu. Untuk masyarakat asli Jawa Barat alangkah baiknya mendukung dan menerapkan kegiatan tersebut dalam kegiatan sehari-hari, dan untuk masyarakat yang bukan dari Jawa Barat bisa mendukung agar kelestarian budaya di Indonesia tetap terjaga.
4.    Terapkan Budaya Bangsa Dalam Kehidupan Sehari-hari
Terapkan budaya dalam kehidupan sehari-hari, contohnya selalu mengikuti kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat dengan senang hati, karena bergotong royong merupakan salah satu contoh budaya tradisi bangsa Indonesia yang sangat mulia dan tidak ternilai harganya.
5.    Ikut Serta Dalam Pagelaran Seni Daerah
Mengikuti pagelaran seni daerah merupakan contoh rasa kepedulian kita terhadap budaya, ikut berpartisipasi dalam pagelaran seni juga membuktikan bahwa pentingnya melestarikan budaya bangsa.
6.    Mengajak Orang Lain Ikut Melestarikan Budaya Bangsa
Mengajak orang lain juga merupakan salah satu upaya melestarikan budaya bangsa, karena masih banyak generasi muda yang belum sadar akan pentingnya menjaga kelestarian budaya. Semakin banyak orang lain yang kita ajak, semakin banyak pula generasi muda yang sadar. Langkah tersebut dapat dilakukan dari mulai hal kecil seperti mengajak teman atau adik kita membiasakan diri menerapkan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari.
7.    Jaga dan Pertahankan Budaya Bangsa
Yang terakhir adalah menjaga dan mempertahankan budaya bangsa Indonesia jangan sampai budaya asing terus menerus mempengaruhi masyarakat Indonesia yang nantinya malah menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat Indonesia.
               Sudah seharusnya kita bangga dengan budaya yang kita miliki, tidak perlu malu dengan budaya lokal,  tidak perlu mengikuti budaya asing agar terlihat keren, cukup hargai dan cintai budaya bangsa kita sudah terlihat keren di mata negara dan dunia. (irfan denis)

Share this

Related Posts

First

2 komentar

komentar
Anonim
26 Januari 2022 pukul 22.11 delete

How do I make money from slot machines? - WorkMake Money
Are there any slot 메리트카지노총판 machines that pay real money to play? What are the หาเงินออนไลน์ most popular machines that pay money to play? 인카지노 How do I win at slot machines?

Reply
avatar